LAPORAN WORKSHOP
Memfaktorkan Persamaan Kuadrat X+ 3X + 2
Kelas/semester : VIII/ 1 (delapan/ satu)
Standar Kompetensi : ALJABAR
Kompetensi Dasar : 1.2 Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya.
Indikator : Menguraikan bentuk aljabar kedalam faktornya
Materi : Persamaan Kuadrat X + 3X + 2
- I. Alat dan bahan
- a. Alat
- Pisau
- Penggaris
- Pushpin
- Spidol
- Lem fox
- Gunting
- b. Bahan
- Styrofoam
- Kertas jeruk
- Gabus sol
- Tali raffia
- Triplek
- Cat
LAPORAN WORKSHOP
Memfaktorkan Persamaan Kuadrat X+ 3X + 2
Kelas/semester : VIII/ 1 (delapan/ satu)
Standar Kompetensi : ALJABAR
Kompetensi Dasar : 1.2 Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya.
Indikator : Menguraikan bentuk aljabar kedalam faktornya
Materi : Persamaan Kuadrat X + 3X + 2
- I. Alat dan bahan
- a. Alat
- Pisau
- Penggaris
- Pushpin
- Spidol
- Lem fox
- Gunting
- b. Bahan
- Styrofoam
- Kertas jeruk
- Gabus sol
- Tali raffia
- Triplek
- Cat
II. Cara Pembuatan
- Sediakan bahan dan alat yang akan dipergunakan:
Gbr. 01
- Sediakan, gabus sol kemudian potong atau guntinglah gabus sol tersebut menjadi bentuk kartu dengan ukuran 8 cm X 8 cm yang berjumlah 36 buah.
Gbr. 02
- Diberi keterangan pada masing-masing kartu tersebut yang kita bagi menjadi enam jenis yaitu: X, -X, X, – X, 1, -1
- Kemudian ditempelkan kartu yang terbuat dari gabus sol tersebut sehingga membentuk factor yang memenuhi persamaan kuadrat X + 3X + 2
gbr.03
III. Cara Pemanfaatan
1. Tempelkan variable X di samping atas tanda perkalian yang berwarna biru dengan bantuan pushpin.
gbr. 04
2. Tempelkan variable X kedua di samping bawah tanda perkalian
gbr. 05
3. Tempelkan variable sebagai hasil antara perkalian x dengan x
gbr. 06
4. Tempelkan konstanta 1 disamping atas variable X
gbr. 07
5. Tempelkan variable X sebagai hasil perkalian antara X dengan 1
gbr. 08
6. Letakkan konstanta 1 disamping bawah variable x
gbr. 09
7. Letakan variable x sebagai hasil perkalian antara 1 dengan X
gbr. 10
8. Tempelkan konstanta 1 sebagai hasil kali antara 1 dengan 1
gbr. 11
9. Tempelkan kembali konstanta 1 disamping bawah konstanta 1
gbr. 12
10. Tempelkan X sebagai hasil perkalian antara 1 dengan X
gbr. 13
11. Tempelkan konstanta 1 sebagai hasil kali antara 1 dengan 1
gbr. 14
12. Baris disamping atas dan kolom disamping bawah dari tanda X merupakan faktor dari persaman kuadrat X + 3X + 2 = ( X+2 ) ( X +1)
Contoh dan Jawaban
Dengan cara memfaktorkan, tentukan penyelesaian atau akar-akar dari setiap persamaan kuadrat berikut.
a) X + 2X – 4 = 0
« (2X – 2 ) ( X + 2) = 0
« 2X – 2 = 0 atau X + 2 =0
« X = -1 atau X = – 2
Jadi penyelesaiannya atau akar-akarnya adalah X = -1 atau X = -2. Dalam bentuk himpunan penyelelesaian ( disingkat HP ) dituliskan sebagai HP = ( -1, 2 )
b) X + 4X – 6 = 0
« ( X + 3) ( 2X – 2 ) = 0
« X + 3 = 0 atau 2X – 2 = 0
« X = – 3 atau X = – 1
Jadi penyelesaiannya atau akar-akarnya adalah X = -3 atau X = -1. Dalam bentuk himpunan penyelelesaian ( disingkat HP ) dituliskan sebagai HP = ( -3,-1 )
- II. Penutup
Kesimpulan
Alat peraga ini dapat dimanfaatkan ketika seorang guru pada tingkat SMP dalam mencari faktor persamaan kuadrat.
- III. Saran
Penerapan konsep persamaan kuadrat pada tingkat SMP terkadang sulit diingat dan di pahami oleh siswa, dengan adanya alat peraga dapat mempermudah sang guru dalam menyampaikan materi tersebut kepada siswa, sehingga siswa memiliki kesan dalam setiap proses pembelajaran yang berlangsung
II. Cara Pembuatan
- Sediakan bahan dan alat yang akan dipergunakan:
Gbr. 01
- Sediakan, gabus sol kemudian potong atau guntinglah gabus sol tersebut menjadi bentuk kartu dengan ukuran 8 cm X 8 cm yang berjumlah 36 buah.
Gbr. 02
- Diberi keterangan pada masing-masing kartu tersebut yang kita bagi menjadi enam jenis yaitu: X, -X, X, – X, 1, -1
- Kemudian ditempelkan kartu yang terbuat dari gabus sol tersebut sehingga membentuk factor yang memenuhi persamaan kuadrat X + 3X + 2
gbr.03
III. Cara Pemanfaatan
1. Tempelkan variable X di samping atas tanda perkalian yang berwarna biru dengan bantuan pushpin.
gbr. 04
2. Tempelkan variable X kedua di samping bawah tanda perkalian
gbr. 05
3. Tempelkan variable sebagai hasil antara perkalian x dengan x
gbr. 06
4. Tempelkan konstanta 1 disamping atas variable X
gbr. 07
5. Tempelkan variable X sebagai hasil perkalian antara X dengan 1
gbr. 08
6. Letakkan konstanta 1 disamping bawah variable x
gbr. 09
7. Letakan variable x sebagai hasil perkalian antara 1 dengan X
gbr. 10
8. Tempelkan konstanta 1 sebagai hasil kali antara 1 dengan 1
gbr. 11
9. Tempelkan kembali konstanta 1 disamping bawah konstanta 1
gbr. 12
10. Tempelkan X sebagai hasil perkalian antara 1 dengan X
gbr. 13
11. Tempelkan konstanta 1 sebagai hasil kali antara 1 dengan 1
gbr. 14
12. Baris disamping atas dan kolom disamping bawah dari tanda X merupakan faktor dari persaman kuadrat X + 3X + 2 = ( X+2 ) ( X +1)
Contoh dan Jawaban
Dengan cara memfaktorkan, tentukan penyelesaian atau akar-akar dari setiap persamaan kuadrat berikut.
a) X + 2X – 4 = 0
« (2X – 2 ) ( X + 2) = 0
« 2X – 2 = 0 atau X + 2 =0
« X = -1 atau X = – 2
Jadi penyelesaiannya atau akar-akarnya adalah X = -1 atau X = -2. Dalam bentuk himpunan penyelelesaian ( disingkat HP ) dituliskan sebagai HP = ( -1, 2 )
b) X + 4X – 6 = 0
« ( X + 3) ( 2X – 2 ) = 0
« X + 3 = 0 atau 2X – 2 = 0
« X = – 3 atau X = – 1
Jadi penyelesaiannya atau akar-akarnya adalah X = -3 atau X = -1. Dalam bentuk himpunan penyelelesaian ( disingkat HP ) dituliskan sebagai HP = ( -3,-1 )
- II. Penutup
Kesimpulan
Alat peraga ini dapat dimanfaatkan ketika seorang guru pada tingkat SMP dalam mencari faktor persamaan kuadrat.
- III. Saran
Penerapan konsep persamaan kuadrat pada tingkat SMP terkadang sulit diingat dan di pahami oleh siswa, dengan adanya alat peraga dapat mempermudah sang guru dalam menyampaikan materi tersebut kepada siswa, sehingga siswa memiliki kesan dalam setiap proses pembelajaran yang berlangsung
Baru sekali ini liat artikel yang pembahasan nya mengenai matematika. . . 🙂
artikel itu merupakan satu@ artikel saya,,,,,,,smoga kedepannya saya dapat belajar banyak dari anda mengenai dunia bloging