alat peraga persamaan kuadrat

LAPORAN WORKSHOP

Memfaktorkan Persamaan Kuadrat X+ 3X + 2

Kelas/semester            : VIII/ 1 (delapan/ satu)

Standar Kompetensi   : ALJABAR

Kompetensi Dasar       : 1.2 Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya.

Indikator                     : Menguraikan bentuk aljabar kedalam faktornya

Materi                         : Persamaan Kuadrat  X +  3X + 2

  1. I. Alat dan bahan
    1. a. Alat
  • Pisau
  • Penggaris
  • Pushpin
  • Spidol
  • Lem fox
  • Gunting
  1. b. Bahan
  • Styrofoam
  • Kertas jeruk
  • Gabus sol
  • Tali raffia
  • Triplek
  • Cat
    alat peraga

    alat peraga persamaan kuadrat

LAPORAN WORKSHOP

Memfaktorkan Persamaan Kuadrat X+ 3X + 2

Kelas/semester            : VIII/ 1 (delapan/ satu)

Standar Kompetensi   : ALJABAR

Kompetensi Dasar       : 1.2 Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya.

Indikator                     : Menguraikan bentuk aljabar kedalam faktornya

Materi                         : Persamaan Kuadrat  X +  3X + 2

  1. I. Alat dan bahan
    1. a. Alat
  • Pisau
  • Penggaris
  • Pushpin
  • Spidol
  • Lem fox
  • Gunting
  1. b. Bahan
  • Styrofoam
  • Kertas jeruk
  • Gabus sol
  • Tali raffia
  • Triplek
  • Cat

II.  Cara Pembuatan

  1. Sediakan bahan dan alat  yang  akan dipergunakan:

Gbr. 01

  1. Sediakan, gabus sol kemudian potong atau guntinglah gabus sol tersebut  menjadi bentuk kartu dengan   ukuran 8 cm X 8 cm yang berjumlah 36 buah.

Gbr. 02

  1. Diberi  keterangan  pada  masing-masing kartu tersebut yang kita bagi menjadi enam jenis yaitu: X, -X, X, – X, 1, -1
  2. Kemudian ditempelkan  kartu  yang terbuat dari gabus sol tersebut sehingga membentuk factor yang memenuhi persamaan kuadrat  X +  3X + 2

gbr.03

III. Cara Pemanfaatan

1. Tempelkan  variable X di samping atas  tanda perkalian yang berwarna biru dengan bantuan pushpin.

gbr. 04

2. Tempelkan variable X kedua di samping bawah tanda perkalian

gbr. 05

3. Tempelkan variable  sebagai hasil antara perkalian x dengan x

gbr. 06

4. Tempelkan konstanta 1 disamping atas variable X

gbr. 07

5. Tempelkan variable X sebagai hasil perkalian antara X  dengan 1

gbr. 08

6. Letakkan konstanta 1 disamping bawah variable x

gbr. 09

7. Letakan variable x sebagai hasil perkalian antara 1 dengan X

gbr. 10

8. Tempelkan  konstanta 1 sebagai hasil kali antara 1 dengan 1

gbr. 11

9. Tempelkan  kembali konstanta 1 disamping bawah konstanta 1

gbr. 12

10. Tempelkan X sebagai hasil perkalian  antara 1 dengan X

gbr. 13

11. Tempelkan konstanta 1 sebagai hasil kali antara 1 dengan 1

gbr. 14

12. Baris disamping atas dan kolom disamping  bawah dari tanda X merupakan faktor  dari persaman kuadrat  X +  3X + 2  = ( X+2 ) ( X +1)


Contoh dan Jawaban

Dengan cara memfaktorkan, tentukan penyelesaian atau akar-akar dari setiap persamaan kuadrat berikut.

a)           X + 2X –  4  = 0

«        (2X – 2 ) ( X + 2) = 0

«        2X – 2 = 0 atau X + 2 =0

«        X = -1 atau X = – 2

Jadi penyelesaiannya atau akar-akarnya adalah X = -1 atau X = -2. Dalam bentuk himpunan penyelelesaian ( disingkat HP ) dituliskan sebagai HP = ( -1, 2 )

b)         X + 4X  –  6  = 0

«        (  X + 3) ( 2X – 2 ) = 0

«        X + 3 = 0 atau 2X – 2 = 0

«        X = – 3 atau X = – 1

Jadi penyelesaiannya atau akar-akarnya adalah X = -3 atau X = -1. Dalam bentuk himpunan penyelelesaian ( disingkat HP ) dituliskan sebagai HP = ( -3,-1 )


  1. II. Penutup

Kesimpulan

Alat peraga ini dapat dimanfaatkan ketika seorang guru pada tingkat SMP dalam mencari faktor persamaan kuadrat.

  1. III. Saran

Penerapan konsep persamaan kuadrat pada tingkat SMP terkadang sulit diingat dan di pahami oleh siswa, dengan adanya alat peraga dapat mempermudah sang guru dalam menyampaikan materi tersebut kepada siswa, sehingga siswa memiliki kesan dalam setiap proses pembelajaran yang berlangsung

II.  Cara Pembuatan

  1. Sediakan bahan dan alat  yang  akan dipergunakan:

    peraga

    alat peraga persamaan kuadrat

Gbr. 01

  1. Sediakan, gabus sol kemudian potong atau guntinglah gabus sol tersebut  menjadi bentuk kartu dengan   ukuran 8 cm X 8 cm yang berjumlah 36 buah.

Gbr. 02

  1. Diberi  keterangan  pada  masing-masing kartu tersebut yang kita bagi menjadi enam jenis yaitu: X, -X, X, – X, 1, -1
  2. Kemudian ditempelkan  kartu  yang terbuat dari gabus sol tersebut sehingga membentuk factor yang memenuhi persamaan kuadrat  X +  3X + 2

gbr.03

III. Cara Pemanfaatan

1. Tempelkan  variable X di samping atas  tanda perkalian yang berwarna biru dengan bantuan pushpin.

gbr. 04

2. Tempelkan variable X kedua di samping bawah tanda perkalian

gbr. 05

3. Tempelkan variable  sebagai hasil antara perkalian x dengan x

gbr. 06

4. Tempelkan konstanta 1 disamping atas variable X

gbr. 07

5. Tempelkan variable X sebagai hasil perkalian antara X  dengan 1

gbr. 08

6. Letakkan konstanta 1 disamping bawah variable x

gbr. 09

7. Letakan variable x sebagai hasil perkalian antara 1 dengan X

gbr. 10

8. Tempelkan  konstanta 1 sebagai hasil kali antara 1 dengan 1

gbr. 11

9. Tempelkan  kembali konstanta 1 disamping bawah konstanta 1

gbr. 12

10. Tempelkan X sebagai hasil perkalian  antara 1 dengan X

gbr. 13

11. Tempelkan konstanta 1 sebagai hasil kali antara 1 dengan 1

gbr. 14

12. Baris disamping atas dan kolom disamping  bawah dari tanda X merupakan faktor  dari persaman kuadrat  X +  3X + 2  = ( X+2 ) ( X +1)


Contoh dan Jawaban

Dengan cara memfaktorkan, tentukan penyelesaian atau akar-akar dari setiap persamaan kuadrat berikut.

a)           X + 2X –  4  = 0

«        (2X – 2 ) ( X + 2) = 0

«        2X – 2 = 0 atau X + 2 =0

«        X = -1 atau X = – 2

Jadi penyelesaiannya atau akar-akarnya adalah X = -1 atau X = -2. Dalam bentuk himpunan penyelelesaian ( disingkat HP ) dituliskan sebagai HP = ( -1, 2 )

b)         X + 4X  –  6  = 0

«        (  X + 3) ( 2X – 2 ) = 0

«        X + 3 = 0 atau 2X – 2 = 0

«        X = – 3 atau X = – 1

Jadi penyelesaiannya atau akar-akarnya adalah X = -3 atau X = -1. Dalam bentuk himpunan penyelelesaian ( disingkat HP ) dituliskan sebagai HP = ( -3,-1 )


  1. II. Penutup

Kesimpulan

Alat peraga ini dapat dimanfaatkan ketika seorang guru pada tingkat SMP dalam mencari faktor persamaan kuadrat.

  1. III. Saran

Penerapan konsep persamaan kuadrat pada tingkat SMP terkadang sulit diingat dan di pahami oleh siswa, dengan adanya alat peraga dapat mempermudah sang guru dalam menyampaikan materi tersebut kepada siswa, sehingga siswa memiliki kesan dalam setiap proses pembelajaran yang berlangsung



Pos ini dipublikasikan di matematika. Tandai permalink.

2 Balasan ke alat peraga persamaan kuadrat

  1. FaDhLi berkata:

    Baru sekali ini liat artikel yang pembahasan nya mengenai matematika. . . 🙂

Tinggalkan Balasan ke FaDhLi Batalkan balasan